RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD N 1 KELILING DANAU
Kelas/Semester : I / Satu
Tema : Diri Sendiri
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Alokasi Waktu : 2x 35 Menit
I . Standar
Kompetensi
IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati
dalam
kemajemukan keluarga
PKN : Menerapkan hidup
rukun dalam perbedaan
IPA : Mengenal anggota tubuh
dan kegunaannya serta cara perawatannya
II .
Kompetensi Dasar
· Mengidentifikasi identitas diri ,
keluarga, dan kerabat
· Menjelaskan perbedaan
jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
· Mengenal bagian-bagian
anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
III . Indikator
· Menyebutkan
nama lengkap dan panggilan beserta usia
· Menjelaskan ciri-ciri
fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
· Menyebutkan
bagian-bagian tubuh manusia
· Menjelaskan kegunaan
dan cara merawat bagian-bagian tubuh
kita
I V. Tujuan
1. Dengan maju
kedepan kelas,siswa dapat menyebutkan nama lengkap dan panggilan serta usianya
2. Melalui Tanya-jawab,siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki
3. Melalui Tanya-jawab,siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia
4. Melalui Tanya-jawab,siswa dapat menjelaskan kegunaan
dan cara merawat bagian-bagian tubuh
kita
V . Metode Pembelajaran
Ceramah
VI. Materi Pokok
terlampir
VII . Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
PERKIRAAN
AKTIVITAS
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
Pendahuluan
|
APERSEPSI
a.
Guru
menciptakan suasana yang kondusif
b.
guru
menanyakan materi sebelumnya
c.
guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
|
a.
Siswa
mendengarkan guru
b.
Siswa
menjawab pertanyaan guru
c.
Siswa
melaksanakan nya
|
1x15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
EKSPLORASI
a.
Guru
menjelaskan materi pelajaran
b.
Guru menggunakan media tentang materi yang
di ajarkannya
ELABORASI
a.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan
b.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas
KONFIRMASI
Guru melaksanakan peninjauan pemahaman siswa
terhadap materi yang diberikan
|
a.
Siswa
mendengarkan dan memahaminya
b.
Siswa
memperhati-kan
a.
Siswa
mengerjakan soal yang diberikan oleh guru
b.
Beberapa
siswa mengerjakan dipapan tulis
Siswa bertanya tentang materi yang
belum di mengerti
|
2x35Menit
|
Penutup
|
a.
Guru
dengan siswa membuat kesimpulan
b.
Guru
memberi tugas rumah
c.
Guru
mengambil absen
d.
Guru
meminta siswa berdoa untuk pulang
|
a.
Siswa
menyimpulkan materi hari ini
b.
Siswa
memperhatikan guru
c.
Siswa
mendengarkan
d.
Siswa
berdoa
|
2x10
Menit
|
VIII . Alat dan Sumber
1 . Alat
a.
Buku
b.
Pena
c.
Bangku
d.
Meja belajar
e.
Penghapus
semoga bermanfaat
BalasHapusamin
Mohon kepada pembaca untuk dapat memposkan kritik dan sarannya terhadap hal diatas !!!
BalasHapuscmunguuuutttthhh